21
Agu
12

BISNIS ONLINE – E COMMERCE

PENDAHULUAN

Latar belakang masalah

Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia. Keadaan ini diiringi kenyataan bahwa masyarakat Indonesia masih dinilai sangat konsumtif. Terbukti bahwa saat ini Indonesia menduduki peringkat ke dua sebagai negara paling konsumtif di dunia setelah Singapura. Hal ini dapat dilihat dari nilai transaksi kartu kredit yang mencapai 250 triliun pertahunnya. Salah satu penyebabnya adalah hanya segelintir masyarakat indonesia yang menjadi pengusaha, yaitu sekitar 0.18 persen dari jumlah penduduk.

Keadaan ini merupakan peluang yang sangat baik bagi masyarakat untuk berwirausaha. Menjadi wirausahawan tentu banyak kendala dan risikonya, terutama dalam hal pemasaran. Namun sekarang telah muncul solusi berwirausaha yang memudahkan wirausahawan untuk memasarkan produknya, yaitu e-commerce atau e-dagang.

Kehadiran e-commerce sebagai media transaksi baru ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses perniagaan dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.

E-commerce sebetulnya dapat menjadi suatu bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Hal ini tak lepas dari potensi berupa jumlah masyarakat yang besar dan adanya jarak fisik yang jauh sehingga e-commerce dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Sayangnya, infrastruktur telekomunikasi yang tidak merata di daerah-daerah lainnya membuat e-commerce tidak begitu populer. Hal ini tak lepas dari jumlah pengguna internet di Indonesia yang hanya sekitar 8 juta orang dari 215 juta penduduk. Selain itu, e-commerce juga belum banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Meskipun relatif banyak perusahaan yang sudah memasang homepage, hanya sedikit yang memfungsikannya sebagai sarana perniagaan/perdagangan online. Sebagian besar homepage itu lebih difungsikan sebagai media informasi dan pengenalan produk.

Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk mengambil judul mengenai “Solusi Masalah Jual Beli Online”. Judul ini menarik untuk dibahas karena terdapat solusi untuk memecahkan masalah dalam bisnis jual beli online.

 

Tujuan

Berdasarkan latar belakang masalah yang ada, maka dapat ditentukan tujuan dari penulisan proposal program kreativitas mahasiswa gagasan tertulis ini adalah untuk mengetahui bagaimana solusi untuk memecahkan masalah dalam bisnis jual beli online.


Manfaat

Adapun manfaat yang diharapkan dapat diperoleh dari penulisan laporan proposal program kreativitas mahasiswa gagasan tertulis ini adalah agar dapat mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah dalam bisnis jual beli online.

           

GAGASAN

Pengertian E-commerce

Perdagangan elektronik atau e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, web, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (databases), surel atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini.

 

Bagaimana Memulai E-commerce

Transaksi jual-beli secara online mulai dilirik para pengusaha maupun konsumen. Keunggulan dari e-commerce bagi pembeli adalah kemudahan dalam hal menemukan produk yang diinginkan, bisa memesan dari mana saja, kapan saja, dan juga banyaknya pilihan pembayaran. Bagi pengusaha, e-commerce memungkinkan pengusaha untuk mendirikan usaha dengan modal minim sekalipun karena pengusaha bisa memulai usahanya dari rumah.

Sebelum memulai e-commerce, kita harus melakukan riset terlebih dahulu dan melihat kompetisinya di internet. Misalnya untuk memulai bisnis jilbab, awalnya kita dapat mencari dulu di google apakah bisnis jilbab online di Indonesia sudah banyak. Bagaimana permintaan pasar terhadap jilbab. Hal-hal seperti itu hendaknya telah diriset dulu sebelum memulai membangun website.

Setelah melakukan riset dan memutuskan produk apa yang akan dijual, kita bisa mencari produsen produk tersebut dan melakukan order pertama. Kita bisa mencoba sistem dropshipping terlebih dahulu untuk tes market kemudian mencari dropshipper untuk memulai usaha kita. Dropshipper adalah perusahaan yang menyediakan produk (beberapa bisa di-custom sendiri) untuk dijual oleh reseller (dalam hal ini kita sebagai penjual). Dropshipper inilah yang melakukan semua kegiatan, mulai dari pemrosesan order barang untuk diproduksi, pemaketan, sampai pengiriman barang ke alamat pembeli. Jadi, kita sebagai reseller tidak perlu repot keluar modal dan menyediakan stok barang . Kita hanya mentransfer pesanan pembeli kepada dropshipper.

Setelah kita menjalankan sistem dropshipping, kita harus terus melakukan perbaikan pada website yang telah dibangun. Setelah usaha mulai berjalan, cobalah jual produk kita sendiri. Kalau menjual produk orang lain harganya lebih mahal, namun saat menjual produk sendiri mungkin akan jadi lebih murah sehingga pembeli akan bertambah sehingga keuntungan akan meningkat.

Saat kita sudah memulai menjalankan bisnis dengan menjual produk sendiri, kita harus mulai melakukan promosi di media online. Promosi web yang paling efektif  adalah dengan melakukan SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Jika dengan  beriklan  seakan-akan kita yang mencari pembeli sebaliknya dengan memanfaatkan fasilitas mesin pencari seperti Google, seakan-akan pembeli yang mencari kita. Pembeli akan mencari suatu produk di google ketika ia tidak tahu kemana ia harus membeli suatu produk yang sedang dicarinya. Dengan SEO, web kita akan menduduki peringkat pertama atau minimal halaman pertama jika orang mengetik kata kunci produk yang kita jual. Misal orang mencari jilbab dan dia mengetik keyword jilbab maka orang tersebut ajan menemukan website kita di halaman pertama mesin pencari tersebut.

Selain SEO kita juga dapat memanfaatkan media jejaring sosial yang sedang marak saat ini seperti melalui facebook,twitter,dan blackberry messenger untuk meningkatkan pemasaran produk kita. Misalnya melalui facebook, kita dapat membuat akun baru dan menjaring mitra sebanyak banyaknya. Selain itu kita juga dapat membuat halaman yang memang disediakan oleh facebook agar penggunanya dapat memasarkan produk.

Menjadi pengusaha e-commerce harus memiliki keberanian untuk memulai, kreatifitas untuk mengembangkan web, ketepatan memilih media promosi, dan tak lupa harus memudahkan pembeli dalam hal pembayaran misalnya menggunakan sistem transfer, e-banking, atau kartu kredit, bahkan cash on delivery atau bayar di tempat.

Bagaimana Strategi Dalam E-commerce

Mengapa sebagian besar orang yang memulai bisnis internet tidak segera mendapatkan penghasilan seperti yang diharapkan ? Dan bagaimana cara memulai bisnis internet yang benar, sehingga bisa mendapatkan uang secara mudah ?

Ada beberapa strategi dalam memulai bisnis internet / bisnis online. Strategi tersebut  antara lain :

1. Pilihlah produk yang telah memiliki segmen pasar di internet

Langkah pertama di bisnis internet adalah memilih produk. Dalam bisnis internet untuk tahap awal sebaiknya memilih produk yang telah memiliki segmen pasar,setelah itu kita berusaha untuk menciptakan pasar. Kecuali produk kita benar-benar memang menarik dan kita bisa memprediksikan diterimanya produk tersebut.

2. Miliki situs bisnis sendiri

Memiliki situs sendiri memberikan manfaat yang lebih baik bagi siapa saja yang ingin serius menekuni bisnis internet. Memiliki situs sendiri sangat mudah dan tidaklah mahal. Bahkan kita dapat membuatnya secara gratis. Misalnya melalui blog atau melalui jejaring sosial seperti facebook. Setelah memiliki situs sendiri, pastikan bahwa situs tersebut memiliki banyak pengunjung. Untuk menjaring pengunjung kita dapat menggunakan SEO seperti yang dijelaskan pada bab sebelumnya.

3. Kemauan untuk belajar tentang bisnis internet.

Salah satu penyebab kegagalan paling sering di bisnis internet adalah keengganan untuk belajar. Padahal belajar adalah kunci sukses di bisnis internet. Belajarlah tentang bisnis internet, khusunya tentang internet marketing. Sebagai contoh, jika kita ingin bisnis jilbab, maka kita harus belajar bagaimana cara memulai dan mengembangkan bisnis jilbab. Dapat  melalui buku, internet, atau wawancara langsung dengan orang yang telah berpengalaman di bidang bisnis jilbab.

4. Gunakan semua strategi marketing bisnis internet

Ada banyak strategi dan cara marketing bisnis internet, antara lain iklan baris, milis, search engine optimization (SEO) , tukar link, tukar banner, jejaring sosial dan lain sebagainya. Di samping itu, kita juga dituntut memiliki kejujuran dalam berbisnis. Jika sekali membuat customer kecewa maka jangan harap mereka akan membeli produk kita kembali. Berilah penjelasan yang cukup dalam website mengenai produk yang kita pasarkan, jangan terlalu membesar-besarkan atau berlebihan dalam menjelaskan produk tersebut.

5. Melakukan strategi dalam promosi online

Ada beberapa strategi ampuh dalam promosi bisnis jual beli online :

  • Berikan testimonial. Berikan testimonial pada produk yang pernah kita beli. Mintalah untuk dicantumkan link situs kita pada testimonial tersebut.
  • Isi buku tamu. Carilah situs yang memiliki buku tamu (guest book). Isilah buku tamu tersebut dengan komentar kita. Jangan lupa untuk menulis juga link yang menuju situs kita.
  • Tulis pesan kita. Kita perlu mencari media promosi yang memungkinkan kita bisa meninggalkan pesan. Media ini bisa berupa milis atau forum. Bergabunglah disana, dan cantumkan link situs kita pada setiap akhir pesan yang kita tulis.
  • Berilah review. Berilah review pada situs yang kita kunjungi. Hubungi webmaster dan mintalah ia untuk menampilkan review kita di halaman webnya, dengan mencantumkan link situs kita.
  • Kirim email ke webmaster. Kirimkan penawaran kerjasama kita dengan webmaster lainnya. Bentuk kerjasama yang kita tawarkan bisa bermacam-macam. Misalnya, kita bisa menawarkan pertukaran link, atau kerjasama promosi lainnya.

 

Masalah dalam E-commerce dan cara mengatasinya

Ada beberapa hambatan yg menjadi kendala kita  saat memulai usaha. Hal inilah yg membuat banyak orang akhirnya gulung tikar dan meninggalkan peluang usaha onlinenya. Untuk menghindari hal tersebut, kita sebagai wirausahawan harus mengetahui apa saja masalah yang sering dihadapi dalam bisnis online. cara mengatasinya seperti dibawah ini:

  1. Menjaring calon pembeli dalam bisnis jual beli online bukanlah hal yang mudah. Biasanya pembeli tidak dengan mudah percaya dengan produk yang ditawarkan melalui internet.

Solusinya:

  • Berikan Produk yang Bernilai. Produk berkualitas yang sarat informasi yang dibutuhkan target market mutlak harus kita miliki. Tanpa produk yang bernilai di mata pengunjung, tentu sulit mendapat kepercayaan mereka. Maka sebelum membuat produk, kita perlu tahu jenis informasi yang dibutuhkan target market kita. Untuk itu  perlu melakukan riset pasar.
  • Beri bukti kalau produk kita itu berhasil. Cara memberikan bukti bisa dengan menampilkan hasil yang kita dapat. Juga sampaikan kesaksian dari orang-orang yang telah memperoleh manfaat produk kita. Bagi yang baru terjun ke bisnis internet dan memang belum ada testimoni dari konsumen, tentu tak perlu kita cantumkan. Cukup tampilkan hasil yang kita capai selama ini.
  • Komunikasi Lancar. Lancarnya proses komunikasi kita dan calon pembeli berperan besar terhadap terbangunnya rasa percaya. Blog bisa menjadi senjata ampuh membangun dan memperlancar komunikasi bisnis kita. Lewat artikel, kita bisa berkomunikasi dengan konsumen dan memperteguh reputasi kita. Dengan berkomentar, blogwalking, trackback, dan lainnya kita bisa memperlancar proses komunikasi dengan konsumen.
  1. Banyaknya penipuan di dunia maya, membuat kepercayaan konsumen akan peluang usaha online masih kurang. Penipuan yg sering terjadi yaitu uang sudah dibayarkan  namun produk tidak dikirimkan,  atau  kualitas produk tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan.

    Solusinya :

untuk meyakinkan konsumen, cantumkan alamat lengkap dan contact person yg bisa dihubungi konsumen baik melalui chatting, telepon atau sms. Selanjutnya, jaga kualitas produk yg kita tawarkan. Serta lengkapi gambar produk dgn keterangan pendukung, misalnya saja jenis bahan yg digunakan, harga produk, tipe produk, ukuran produk, dan lain-lain. Sehingga konsumen benar-benar memperoleh informasi secara detail. Untuk mengurangi kekhawatiran pembeli akan barangnya yang tidak dikirimkan setelah melakukan pembayaran maka penjual hendaknya memberikan nomor resi atau bukti kirim dari perusahaan jasa pengiriman. Selain itu kita juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis kita dengan cara melayani penjualan secara langsung atau COD (cash on delivery). Cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan rekening bersama.

 

  1. Persaingan bisnis online yg sangat tinggi. Kemajuan teknologi, mendukung sebagian besar orang memasarkan produknya melalui internet. Jadi bisa dipastikan persaingannya sangat ketat, lihat saja peluang bisnis toko online, reseller produk, atau affiliate yg sudah dijalankan ribuan orang di berbagai negara.

 

Solusinya :

Sebaiknya tawarkan produk yg memiliki keunikan tersendiri supaya persaingannya tidak terlalu tinggi. Lalu, dukung dengan kegiatan promosi bisnis online seperti optimasi SEO, memberikan konten gratis pada konsumen, memasang iklan baris atau banner di website atau blog terkenal, bergabung dgn forum bisnis online, atau bisa juga dgn memasarkannya secara offline.. Selain itu, wirausahawan dirasa perlu untuk membuat nama domain website yang unik supaya mudah diingat oleh pengunjung dan semakin dikenal banyak orang. Yang juga penting saat membuka toko online adalah desain layout website. Kita bisa menggunakan jasa desain website untuk mendapatkan tampilan toko yang menarik. Semakin menarik tampilan website toko online kita maka akan semakin menarik meningkatkan rasa ingin tahu  pengunjung terhadap produk yang kita tawarkan.

 

  1. Kendala koneksi internet. Bagi pelaku bisnis online kota, mungkin koneksi internet bukan menjadi kendala. Namun bagi rekan-rekan yg tinggal di daerah pinggiran, koneksi internet masih sangat terbatas.

Solusinya :

Kita bisa memanfaatkan modem internet yg saat ini sudah banyak diproduksi para provider komunikasi. Pilih modem yg sinyalnya memang bagus di daerah kita, sehingga koneksi internet juga tidak terhambat. Di era teknologi komunikasi yang semakin maju ini rasanya tidak terlalu sulit mencari modem atau provider sesuai dengan kebutuhan kita.

 

  1. Terbatasnya pengetahuan tentang bisnis online. Banyak orang yg ikut-ikutan menjalankan bisnis affiliate atau membuka toko online, namun dia tidak mengetahui apa saja yg harus dilakukan untuk menunjang kesuksesan bisnisnya. Sehingga bisnis online yg dijalankan, hasilnya juga tidak optimal.

 

Solusinya :

untuk menambah pengetahuan, Kita bisa mempelajarinya dari buku bisnis online yg sudah banyak beredar di pasaran, atau bisa juga dgn mencari panduan serta mengikuti kursus online yg saat ini banyak ditawarkan oleh para pakar bisnis online dan pakar internet marketing.

Setelah mengetahui solusi dari setiap kendala yg menghambat bisnis online, kita tidak perlu ragu lagi untuk memulai peluang usaha di dunia maya. Yang terpenting adalah kuatkan tekad karena setiap kendala pasti ada solusinya.

 

KESIMPULAN

Di zaman modern ini penggunaan internet sudah menjadi barang yang tak asing lagi. Bagi wirausahasan, internet dapat digunakan sebagai media untuk berwirausaha. Perdagangan melalui internet atau e-commerce menjadi salah satu solusi pemasaran  yang murah. E-commerce memungkinkan wirausahawan untuk mendirikan usaha dengan modal minim sekalipun karena wirausahawan bisa memulai usahanya dari rumah. Meskipun demikian, memulai bisnis jual beli online bukanlah hal yang mudah dilakukan. Diperlukan riset yang berkesinambungan, pemilihan produk yang tepat, pemilihan pemasok yang tepat dan penguasaan ilmu marketing sebelum berani memulai persaingan di bisnis ini.

Agar sukses menghadapi pesaing di bisnis yang sama sekaligus meraih pengahasilan yang diinginkan, wirausahawan hendaknya menguasai strategi-strategi dalam bisnis e-commerce. Meskipun demikian, hambatan-hambatan dalam penggunaan e-commerce tidak dapat dihindari karena merupakan tuntutan dari masyarakat. Namun hambatan ini bisa diubah menjadi peluang kalau saja wirausahawan mau lebih belajar dan mendalami bisnis jual beli online dan mau mendedikasikan dirinya dalam dunia bisnis.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Available from: URL: http://www.CaraBisnis.com. Accessed September 10, 2011

Available from: URL: http://www.kompas.com. Accessed September 10, 2011

Available from: URL: http://www.pengusahainternet.com. Accessed September 10, 2011

Available from: URL: http://www.PerusahaanIndonesia.com. Accessed September 10, 2011

Available from: URL: http://www.timbisnis.com. Accessed September 10, 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Maho’s File

Maho

Mahonak namaku, Mohak sifatku, Maho nama panggilanku... tapi aku bukan makhluk homo

MikaMika calendar

Agustus 2012
S S R K J S M
« Jul   Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Twitter Maho

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.


%d blogger menyukai ini: